Bupati dan Forkopimda Asahan Hadiri Rakor Percepatan Realisasi APBD

Bupati dan Forkopimda Asahan Hadiri Rakor Percepatan Realisasi APBD

Topmetro.news – Bupati Asahan H Surya BSc dan Forkopimda hadiri rapat koordinasi percepatan realisasi APBD Kab/Kota dan pembangunan infrastuktur di Hotel Santika Dyandra, Jalan Kapten Maulana Lubis – Medan, Selasa (31/5/2022).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menyampaikan pertemuan ini menjadi wahana sebagai peningkatan pengetahuan dengan tujuan memperlancar proses percepatan realisasi APBD Sumut agar tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan pagu yang telah ditetapkan.

Pangdam berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan sungguh sungguh dilandasi dengan ketulusan. Para peserta dapat meningkatkan silaturrahmi dan saling tukar informasi guna mengatasi kendala yang ada di lapangan.

WTP BPK RI

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan siap mendorong Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kab/kota di Sumut tahun 2022 agar meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Dengan meraih WTP berarti para pemegang kebijakan dapat mempertanggungjawabkan penggunaan anggarannya.

Tahun 2021, Pemda yang meraih WTP sebanyak 26 termasuk Pemprovsu. Masih ada 8 Pemda yang menerima Wajar Dengan Pendapat (WDP).
Pemda yang meraih WTP terus meningkat. Tahun 2017 ada 14 Pemda WTP, 17 Pemda WDP dan 3 Tidak Memberikan Pendapat (TMP). Tahun 2018 ada 18 Pemda WTP, 13 WDP dan 3 TMP. Pada Tahun 2019 ada 21 WTP, 31 WDP. Dan Tahun 2020 ada 24 WTP dan 10 WDP.

“Pemprovsu sudah 8 kali berturut turut meraih WTP. WDP adalah persoalan tidak bisa dipertanggungjawabkan, jadi pertanggungjawabkanlah, sehingga selesai urusan, yang seperti ini saya minta segera selesai”, kata Edy.

Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengapresiasi WTP yang diterima Pemprovsu. Kemarin Pemprovsu mendapat predikat WTP yang ke 8, tepuk tangan dulu, kata Kapolda dan disambut tepuk tangan para hadirin.

Agar seluruh Kab/Kota meraih WTP diperlukan komitmen bersama. Jika tidak ada komitmen, maka tujuan tersebut tidak akan tercapai. Dibutuhkan keseriusan kita, kalau tidak, tidak pernah dapat.

Usai mengikuti rapat, Bupati Asahan mengatakan siap mendukung percepatan realisasi APBD Kabupaten Asahan guna pembangunan infrastruktur.

Penulis | En.

Related posts

Leave a Comment